Harapan Kosong itu lebih menyakitkan daripada kenyataan yang pahit sekalipun. . .

Minggu, 24 Februari 2013

MENGENAL TUGU DAN MONUMEN DI PURWOREJO



Monumen Jenderal Urip Sumoharjo
Tahukan siapa itu Jenderal Urip Sumoharjo? Yuph beliau adalah Pahlawan Kemerdekaan yang lahir di Kota Purworejo, sebagai warga Purworejo ane bangga, kota kelahiran ane juga menghasilkan Pahlawan Bangsa, nah demi mengenang jasa jasa beliau dalam merebut kemerdekaan, dibangunlah Monumen Jenderal Urip Sumoharjo, dengan pose sedang naik kuda, Monumen ini berlokasi di Ringroad Selatan, Kecamatan Banyuurip, Purworejo.






Tugu Peringatan 5 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia
Di depan Rumah Dinas Bupati Purworejo atau sebelah utara Alun-alun Purworejo berdiri sebuah tugu, mungkin banyak warga Purworejo yang belum tahu namanya atau bahkan tidak peduli dengan keberadaan Tugu ini, padahal tugu ini punya cerita sejarahnya Lho, nama tugu ini adalah Tugu Peringatan 5 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (RI). Nah tujuan dibangunnya tugu ini adalah untuk memperingati 5 Tahun Kemerdekaan RI pada tanggal 17 Agustus 1950. Pada tahun 1996, tugu ini pernah diubah bentuk bagian bawahnya menjadi mirip Tugu Muda Semarang, namun pada tahun 2008 dipugar kembali sesuai bentuk asli tahun 1950.











Tugu Bank Jateng

Tugu Bank Jateng ini merupakan salah satu dari puluhan tugu yang berdiri di Kota Purworejo, tugu ini terletak di pertigaan Jalan Letjen Suprapto dengan Jalan Urip Sumoharjo, atau Sebelah Utara Pasar Suronegaran, tugu ini dibangun dengan tujuan memperindah kota saja, dengan taman yang berada di sekelilingnya.







Tugu Adipura

Walaupun ane asli orang Purworejo dan dah lama hidup di Purworejo akan tetapi ane baru tahu bahwa tugu yang ada di perempatan GOR atau di depan SMAN 6 Purworejo itu adalah tugu adipura. Dulunya ane tahunya ya cuma tugu hiasan biasa aja, ternyata Purworejo pernah meraih adipura lho, bahkan empat kali berturut turut sebagai kota terbersih yaitu Tahun 1994, 1995, 1996, dan 1997. Nah untuk memperingatinya, dibangunlah tugu ini.






Monumen Tentara Pelajar
Merupakan salah satu monumen yang berada di di Kota Purworejo, dan ane baru tahu kalau monumen itu bernama Monumen Tentara Pelajar, dan pasti banyak juga warga Purworejo yang belum tahu, ane dulu tahunya itu ya monumen 412, karena di sebelah timur dari monumen ini ada pangkalan militer 412. hehe. Nah monumen ini dibangun untuk mengenang jasa para tentara pelajar yang telah merebut kemerdekaan dari penjajah.

1 komentar:

  1. Iki jane opo sih... Kok koment nya pesugihan. .. Ra jelas. .. Pesugihan terbaik yo kerjo... Opo adol bondo wong tuo..

    BalasHapus