Harapan Kosong itu lebih menyakitkan daripada kenyataan yang pahit sekalipun. . .

Minggu, 24 Februari 2013

Brastagi, Kota Wisata Di Medan, Sumut



Jakarta mempunyai wisata puncak begitupun Bandung dengan Lembangnya, Medan mempunyai wisata puncak juga yang tidak kalah menarik dan indah. Yaitu didaerah Brastagi, perjalanan dari kota Medan menuju Brastagi memakan waktu 1.5 sd 2 jam perjalanan memakai kendaraan pribadi. Dengan angkutan umum bisa ditempuh dalam waktu 3 jam, karena jarak perjalanan kota Medan menuju brastagi kurang lebih berjarak 50km. disepanjang perjalanan kita dapat menikmati pemandangan yang sangat indah disamping kiri dan kanan jalan kita bisa melihat pemandangan kebun teh dan tembakau, dan aktifitas keseharian masyarakat sumatera utara.

Sebelum memasuki Brastagi kita akan melewati kaban jahe, disini banyak sekali areal perkebunan kebun teh dan tembakau, banyak pasar tradisional disekitar kaban jahe ini. Aktifitas pedagang dan pembeli dipasar layak untuk difoto, dan masyarakatnya pun sangat ramah dengan kedatangan turis dan wisatawan yang melihat. Setelah itu kami pun melanjutkan perjalanan ke brastagi, disini terasa udara semakin sejuk dan dingin. Ingin rasanya mampir dikedai kopi untuk menikmati kopi dan pemandangan disekitar pegunungan ini.

Brastagi merupakan daerah yang sangat indah, daerah yang terletak di Sumatera Utara yang mempunyai ketinggian 1400 meter diatas permukaan laut. Udara disini sangat bersih dan sejuk, ini

karena dikelilingi oleh pegunungan dan hutan – hutan yang sangat indah. Tidak terasa perjalanan selama 1.5jam menjadi sangat menyenangkan. Dari atas perbukitan kita dapat menikmati pemandangan yang hijau dan dapat melihat gunung berapi sinabung dan sibayak. Gunung berapi sibayak masih aktif sampai sekarang dan mempunyai ketinggian 2000 meter, letak gunung sibayak ini tidak jauh dari Brastagi.



Tidak hanya itu, Brastagi sangat terkenal akan sayur dan buah – buahnya, buah yang sangat terkenal disini adalah markisa. Markisa brastagi sangat terkenal sampai keseluruh Indonesia, dan banyak dibuat saripati sirup. Memang dibrastagi kalau kita tidak menikmati buah brastagi memang kurang lengkap rasanya, apalagi cuaca dingin dan sejuk sangat mendukung kita untuk memakan lebih banyak makanan.

Setelah itu kami melanjutkan ke tempat wisata Tongging, disana terdapat Air Terjun yang besar yaitu air terjun Sipiso Piso. Nama Piso mempunyai arti Pisau, memang air terjun ini tajam dan dalam dikelilingi oleh jurang yang sangat dalam di tana sumatera utara, jarak lokasi menuju air terjun ini kalau dari Kabanjahe berjarak 24 km. dan letaknya disekitar tepi

Danau Toba bagian utara. Disekiling air terjun ini mempunyai pemandangan dan jurang yang sangat indah, tinggi air terjun sipiso piso kira kira 130 meter. Saya sangat tertarik untuk menuju air terjun ini, karena jarak dari atas kebawah air terjun ini lumayan jauh jika berjalan kaki. Akhirnya saya memutuskan untuk berjalan menyusuri jalan setapak menuju Air Terjun Sipiso piso, untuk berjalan yang menikung dan curam ini harus sangat berhati hati. Banyak jalan setapak yang sudah rusak dan tidak jarang kita harus merangkak dan bergelayutan disisi jalan, sangat disarankan memakai sepatu dan air minum secukupnya. Untungnya disetiap perjalanan banyak rumah rumahan yang memang dibuat untuk istirahat para pejalan kakinya, jadi kalau tidak kuat atau tiba tiba hujan selama perjalanan kita bisa cukup istirahat.

Sesampai didasar Air Terjun Sipiso Piso, hilang rasa lelah kami karena pemandangan sungai dan air terjun dilihat secara langsung sangatlah indah. Hawa yang terpancar sangat sejuk karena serpihan bulir air dari air terjun membasahi muka kami yang membuat kami berlama lama tinggal dibawah, setelah mengambil beberapa foto kami akhirnya melanjutkan perjalanan kami ke atas. Pada saat jalan balik baru terasa capeknya, karena tidak terasa jalan menuju ke air terjun adalah kebawah. Dan saat ini kita harus mendaki sampai keatas.




Sesampai diatas dengan bersusah payah, kami berada di tempat Wisata Tongging, tongging terletak ditepi Danau Toba dibagian utara dekat air terjun sipiso piso. Ternyata dari sini pemandangan Danau toba sangatlah indah, danau toba diapit oleh 2 pegunungan dari tebing menyusuri kebawah. Kami melepas lelah disini, setelah dengan bersusah payah mendaki dari bawah air terjun sipiso piso. Rasa capek seperti lenyap seketika ketika kita menikmati keindahan Danau Toba, Brastagi meninggalkan kesan mendalam untuk saya. Suatu saat pasti saya akan kembali lagi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar